Inilah Pintu Masuk-Nya, Yaitu Kematian

 

Segala puji hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Shalawat dan salam kami curahkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beserta para sahabat dan seluruh kaum muslimin yang senantiasa berpegang teguh pada Alqur’an dan Sunnah Beliau sampai datang-nya hari kiamat.

Kematian adalah satu-satunya pintu masuk untuk menuju wilayah/daerah kediaman terakhir manusia, dan semua orang akan merasakan dan mengalami yang namanya kematian ini. Tidak ada seorangpun yang bisa mengetahui kapan datangnya kematian ini, bahkan bisa datang secara tiba-tiba dan tak terduga.

kematian

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

~ Ali-'Imraan Ayat 185 ~

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: 'Ini adalah dari sisi Allah', dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: 'Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)'. Katakanlah: 'Semuanya (datang) dari sisi Allah'. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?

~ An-Nisaa Ayat 78 ~

Anda harus bersyukur saat ini giliran kematian itu belum sampai ke Anda sehingga masih ada waktu dam kesempatan untuk SEGERA ber-taubat dan menyiapkan segalasesuatu-nya dari SEKARANG.

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: 'Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu'.

~ At-Tahriim Ayat 8 ~

Musibah kematian yang habis dialami oleh salahseorang dari kerabat Anda, salahseorang dari rekan atau sahabat Anda, salahseorang dari rekan kerja Anda, salahseorang dari orang yang Anda kenal, ataukah salahseorang dari orang yang belum pernah Anda kenal sebelumnya tetapi Anda menyaksikannya…harusnya bisa menjadi warning dan peringatan akan adanya pinu kematian ini, yang akan dialami oleh siapa saja termasuk Anda.

Beberapa video berikut ini memperlihatkan kejadian-kejadian nyata bagaimana kematian itu datang, semoga bisa menjadi renungan kita semua:

Sangat-sangat beruntung jika giliran kematian itu tiba Anda sedang berada pada tempat yang baik atau sedang melakukan sebuah kebaikan, atau anda menghadapi kematian dalam keadaan husnul khatimah.

Apa Itu Dalam Keadaan husnul khatimah? Caritahu Disini

Dan berikut ini beberapa Video Ceramah Pilihan dengan tema atau topik seputar kematian:

⇒ Renungan Bila Ajal Menjemput Oleh Ust Abdul Somad
⇒ Proses Kematian Oleh Abdul Somad
⇒ Kematian Tidak Menunggu Ada Siap Oleh Mamah Dedeh
⇒ Tentang Kematian Oleh Aa Gym

Video ceramah lainnya seputar KEMATIAN bisa Anda cari disini →

 

Apa Yang Terjadi Setelah Kematian?

Proses kematian seseorang tidak lain adalah dilepaskannya ruh seseorang dari jasad (tubuhnya) oleh Allah melalui tangan malaikat yang memang ditugaskan untuk mencabut nyawa seseorang. Maka setelah ruh ini terlepas dari jasad (tubuh), maka selanjutnya jasad atau tubuh orang tersebut akan dibawa oleh sanak keluarganya ke pemakaman untuk di kuburkan.

Sementara ruh akan dibawa terlebihdahulu oleh malaikat keatas langit untuk dihadapkan kepada Allah, dan selanjutnya ruh orang tersebut akan dikembalikan kedalam jasadnya yang baru saja sudah ditimbun dan dikuburkan.

Adapun perlakuam terhadap ruh orang yang kafir dan ruh orang yang ber-iman berbeda, mulai dari cara ruh-nya dilepaskann dari jasadnya, saat dibawa ke langit, hingga saat ia dikembalikan ke jasadnya kembali di bumi. 

Ikuti kisah proses kematian dan perjalanan ruh ini dari apa yang pernah rasulullan Muhammad SAW sampaikan, seperti dalam sebuah hadis Shahih berikut ini:

.
Baca Kisah-Nya Dalam Hadist Tersebut Dari Salahsatu Referensinya Disini

Didalam kubur inilah ruhnya akan tinggal bersama jasad-nya yang sudah hancur hingga datangnya Hari Kiamat. Dan didalam kubur ini pulalah orang tersebut akan mulai memperoleh kesengsaraan dan penyiksaan, ataukah mulai memperoleh kesenangan dan kebahagiaan, tergantung amal ibadahnya saat masih hidup didunia.

Hari Kiamat, Hari Berakhirnya Kehidupan Didunia Dan Punah-Nya Semua Makhluk

Akan datang nanti, hari dimana semua makhluk termasuk manusia akan dimatikan dan dimusnahkan dengan kejadian dibumi yang sangat mengerikan. Tapi…ternyata banyak juga orang yang tidak mempercayai akan datangnya hari pemusnahan ini yang juga dikenal dengan nama Hari Kiamat. 

Untuk itu mari coba direnungkan salahsatu firman Allah yang ada dalam Alqur’an berikut ini:

Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.

~ Al-Hajj Ayat 5 ~

Dari ayat ini Anda bisa melihat (bahkan merasakannya) sendiri secara langsung bagaimana kebenaran proses kehidupan manusia 100% benar seperti yang ada dalam ayat tersebut. Ini berarti peringatan-peringatan Allah dalam alqur’an, dan juga dari Rasulnya Muhammad SAW adalah sesuatu yang benar dan 100% pasti akan terjadi.

Dan berikut ini adalah beberapa ayat dalam Alqur’an yang menyebutkan tentang hari kiamat ini

dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.

~ Al-Hajj Ayat 7 ~

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: 'Bilakah terjadinya?' Katakanlah: 'Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba'. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: 'Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui'.

~ Al-A'raaf Ayat 187 ~

Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.

~ Thaahaa Ayat 15 ~

Sementara tentang hari kiamat yang sudah pernah disampaikan dan diingatkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dapat dibaca dari hadist-hadist beliau yang bisa Anda cari dari sumber lainnya Disini →

Demikianlah penjelasan dan referensi tentang kematian, satu-satunya pintu yang akan dan harus dilalui seseorang untuk menuju ke perjalanan kehidupan berikutnya di tempat domisili terakhir manusia yaitu di SURGA ataukah di NERAKA. Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi penduduk Surga dan jauh dari kehidupan para calob penduduk Neraka. 

Mumpung Giliran Kematian Itu Belum Tiba, Segeralah Berlari Menuju Pengampunan Allah Teman 🙂